Kategori > Bisnis Online | Blogging | Puisi | Adsense | Properti | Hiburan | Game | Gadgets | Bola | Kata Mutiara | Hukum Kriminal | Otomotif | LOKER | Trending Topic | Resep Masakan | TV Online | Internasional | Youtube | Tips Kecantikan | Ayo Sehat | Film | Tutorial Hijab | Musik | VIDEO | UNIK ANEH | Kumpulan Sajak Puisi


Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Ditulis oleh : PoztART Media | Pada Friday, February 3, 2012 10 comments
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Kalau membahas soal motor apa yang paling irit, menurut pengalaman pribadi memang jelas Honda masuk nominasi teratas. Ini jelas terbukti saat saya melakukan touring ke Dieng bersama teman-teman kerja. Jarak tempuh dari Semarang ke Dieng sekitar 150 KM dengan kondisi jalan turun naik. Memang saya melakukan touring tidak secara khusus uji keiritan bahan bakar dari semua jenis merek motor, tapi secara kebetulan tiga teman saya ingin mengetes keiritan bahan antara motornya dengan motor Honda milik saya (Umur kendaraan hampir sama, cuma selisih beberapa bulan). Kami sepakat mengisi bahan bakar dengan jumlah yang sama dari berangkat sampai kembali ke rumah. Seingatku kami mengisi 3kali bahan bakar diperjalanan dan hanya motor Honda saya yang masih menyisakan bahan bakar yang banyak.

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Dari pengalaman tersebut kami mengakui memang motor Honda adalah motor paling irit.

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda
Honda memang selalu mengedepankan inovasi dan kualitas dalam menciptakan produk-produknya. Sesuai judul diatas "Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda", produksi sepeda motor honda dengan sistem injeksi diharapkan mampu memberikan kontribusi besar dalam hal mengurangi polusi udara. Keunggulan sistem injeksi ini adalah konsumsi bahan bakar lebih irit serta kesempurnaan dalam setiap pembakaran sehingga produksi polusi udara bisa diminimalkan tapi performa motor lebih bertenaga. Rencananya secara bertahap Honda akan meninggalkan sistem pengabut bahan bakar karburator dan menerapkan sistem injeksi pada semua produk motornya. Adalah teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yang nantinya akan diterapkan pada semua produk motor Honda.

Keunggulan Teknologi Injeksi
Perusahaan sudah mempunyai tekat bulat untuk meninggalkan pemakaian karburator karena pada system PGM-FI lebih bisa diandalkan untuk kedepannya apalagi tahun depan pemerintah akan memberlakukan peraturan standar emisi gas buang Euro3. Beberapa keunggulan dari teknologi PGM-FI adalah sebagai berikut :
  1. Konsumsi BBM lebih hemat hingga 17%. Hal ini didapat karena keakuratan teknologi PGM-FI dalam mengendalikan komposisi pasokan bahan bakar dan oksigen mampu menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.
  2. PGM-FI mampu menyumbangkan emisi yang bersih. Perpaduan sensor cerdas dan catalytic converter mampu menekan emisi gas buang. Untuk membuat produknya lebih ramah lingkungan, AHM mendeklarasikannya jauh sebelum ketentuan emisi gas buang EURO 3 diberlakukan.
  3. Mesin lebih powerfull. Pengaturan kinerja mesin yang telah terprogram pada setiap putaran mesin memberikan efek akselerasi yang lebih responsif pada motor yang menggunakan teknologi PGM-FI.
  4. Manfaat lain teknologi PGM-FI yaitu mudah dalam perawatan karena terdapat sistem kendali elektronik yang didukung oleh MIL (malfunction indicator lamp) serta kemudahan menghidupkan mesin dalam segala kondisi suhu udara.

Keunggulan Motor dengan Sistem Injeksi
Apa alasan Honda ingin meninggalkan pemakaian karburator untuk produksi motornya ke depan? Karena motor dengan teknologi injeksi mempunyai keunggulan seperti berikut ini:
  1. Hemat bahan bakar. Kita tahu masyarakat sekarang lebih memilih motor dengan konsumsi BBM yang lebih irit. Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa Honda akan beralih secara permanen ke system injeksi, campuran udara dan bahan bakar di mesin injeksi yang selalu akurat, membuat penggunana bahan bakar menjadi lebih efisien alias hemat.
  2. Tarikan lebih responsive. Pada tipe karburator, antara pengabut bensin (spuyer) dengan silinder jaraknya agak jauh. Selain itu, perbedaan bobot berat jenis antara bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan jumlah bensin yang dihisap. Sehingga tarikan menjadi kurang responsif. Sedangkan motor injeksi menempatkan pengabut bensin (injektor) dekat silinder. Saluran bensin yang menuju injektor bertekanan antara 2,5 s/d 3,0 kg/cm2 lebih tinggi dari tekanan intake manifold. Berhubung diameter mulut injektor sangat kecil, ketika sinyal listrik dari ECU mengaktifkan injektor maka bensin yang menyembur berbentuk kabut. Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang homogen serta perbandingan yang ideal. Dibantu mutu api yang bagus akan menghasilkan pembakaran sempurna. Hasilnya tarikan lebih responsif sesuai perubahan katup gas.
  3. Campuran udara dan bensin selalu akurat pada semua tingkat putaran mesin. Pada motor injeksi, volume penyemprotan bensin selalu akurat karena dikontrol oleh ECU sesuai dengan masukan sensor-sensor yang bertebaran di sekujur mesin. Seperti sensor rpm, jumlah udara masuk, posisi katup gas hingga kondisi cuaca di sekitar mesin. Bahkan pada kondisi pengendaraan tertentu seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol perbandingan bensin dan udara tetap ideal. Kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri yaitu mengurangi emisi gas buang dan lebih hemat pemakaian bensin.
  4. Mesin mudah dihidupkan dengan segala kondisi cuaca. Pada suhu dingin, menghidupkan mesin berkarburator dibutuhkan tenaga tambahan dengan menarik cuk. Cara ini sudah akan ditinggalkan pada motor dengan system injeksi karena sudah dilengkapi sensor temperatur mesin serta sensor temperatur udara masuk. Saat menghidupkan mesin dengan kondisi dingin, secara otomatis jumlah semprotan bensin ditambah. Sehingga mesin mudah dihidupkan dalam kondisi apapun dan tidak terpengaruh kondisi cuaca.
  5. Perawatan lebih mudah. Untuk membersihkan karburator yang kotor harus dengan membongkarnya dan ini dibutuhkan waktu yang lumayan lama atau beberapa onderdil mengalami aus karena seringnya bongkar pasang karburator. Sedang tipe motor yang sudah menggunakan injeksi perawatan cukup mudah karena bisa Cuma dengan disemprot injector cleaner setiap 10-15 ribu kilometer sekali. Jika kualitas BBM yang digunakan cukup bagus, system injeksi tidak perlu diapa-apakan lagi. Karena selain steril, juga telah dibackup dengan filter halus sebelum masuk ke injector biar lebih aman.
  6. Ramah lingkungan. Di knalpot sepeda motor injeksi biasanya di lengkapi catalytics converter (CC), sistem ini akan merubah zat zat hasil pembakaran yang berbahaya menjadi zat yang lebih ramah ligkungan atau dengan menggunakan sistem sensor O2.

Beberapa Jenis Motor Honda dengan Sistem Injeksi

Saat ini Honda telah menggunakan teknologi PGM-FI untuk beberapa produk motornya dan secara bertahap produksi motor Honda untuk tahun depan akan mengaplikasikan teknologi ini. Beberapa jenis motor Honda yang sudah menggunakan teknologi PGM-FI diantaranya yaitu CBR250R, CBR150R, PCX, Revo AT, dan Supra X 125 PGM-FI.

Semoga artikel Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda ini bisa menjadi referensi dan membantu Anda mencari informasi mengenai teknologi sepeda motor injeksi.